2 Kapal Perintis Baru Untuk Support Tol Laut Wilayah Kepri Diluncurkan

19955
KM Sabuk Nusantara 112 dan Sabuk Nusantara 115

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) I meluncurkan dua kapal perintis, KM Sabuk Nusantara 112 dan Sabuk Nusantara 115 di galangan kapal PT Bahtera Bahari Shipyard, Batam, Minggu (28/5). Dua kapal yang diproduksi di Batam ini akan dipakai melayani rute pelayaran ke daerah-daerah terpencil.

Direktur Lalu Lintas Dan Angkutan Laut (Dirlala) Kemenhub Bay Mokhamad Hasani mengatakan, sebagai negara kepulauan, Indonesia membutuhkan angkutan laut yang mencukupi dan memadai.

“Alat transportasi laut sangat dibutuhkan dan berperan streategis, sebagai salah satu fungsi perpindahan logistik berupa barang dan orang antar daerah,” katanya.

Hasani mengatakan, Provinsi Kepri dapat dikatakan sebagai miniatur Indonesia, karena memiliki ribuan pulau yang membuat antar daerah terpisah lautan. Kepri juga sangat membutuhkan alat transportasi laut yang memadai.

Dirjen Perhubungan Laut terus berupaya meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana transportasi laut untuk memperlancar arus barang dan penumpang dan jasa di seluruh Indonesia. Produksi kapal-kapal perintis juga bagian dari program Tol Laut yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Dua kapal tipe 750 yang baru diluncurkan ini, akan didata di Kementerian sebelum ditentukan akan melayani rute pelayaran. Rencananya, dua kapal ini akan mulai dioperasikan tahun 2018.

“Kami sudah siapkan untuk Kepri, tapi bukan dua kapal ini. Untuk Kepri nanti kapal tipe 1.200 DWT. Itu mempertimbangkan lautan Kepri yang terbuka kuatnya ombak,” kata dia.

Direktur Utama PT Bahtera Bahari Shipyard Selamat Budiman mengatakan, dua kapal perintis ini dikerjakan selama 25 bulan sesuai masa kontrak, atau mulai tahun 2015. Perusahaan ini bukan hanya dipercaya membuat kapal perintis namun juga kapal untuk mengangkut ternak.

“Ada tiga kapal yang dipesan untuk mengangkut ternak, sudah mau selesai. Tentu saja kami sangat bangga mendapat kepercayaan dari pemerintah pusat,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Kepri Jamhur Ismail mengatakan, pemerintah pusat tahun ini akan membantu kapal perintis untuk Kepri.

“Adanya bantuan kapal ini akan lebih memudahkan masyarakat Kepri terutama untuk daerah Anambas dan Natuna yang saat ini masih minim transportasi lautnya,” kata Jamhur.

(sindonews/tow)