14 Poin PM 26/2017 Dibatalkan MA, KPPU: Eksistensi Taksi Online Tetap Ada

146

Direktur Merger Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU), Taufim Aryanto mengatakan eksistensi angkutan umum berbasis online tetap ada. Untuk itu Taufik berharap tidak ada lagi friksi atau gejolak yang terjadi di lapangan.

“Jadi memang eksistensi dari angkutan berbasis online ini tetap. Justru ada beberapa pasal yang melemahkan itu. Nantinya kita harap tidak ada friksi tidak, ada gejolak lagi di lapangan,” ujar Taufik di Restoran Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (16/9).

Menurut Taufik, angkutan online ke depan institusinya harus ditata dengan baik. Lalu perlu diperhatikan juga hubungan antara driver dengan pengelola aplikasinya. Semuanya itu kata Taufik harus diatur dengan regulasi.

“Jadi prinsipnya ke depannya harus ada penataan dari sisi institusinya, aplikasinya kemudian juga hubunan antara driver dengan pengelola aplikasinya seperti apa tentu kalo pun harus ada regulasi lagi terkait dengan poin poin yang dibatalkan MA kayaknya kurang bijak kalo kita melakukan hal yang sama toh nanti akan diuji lagi oleh MA,” jelasnya.

Sebelumnya, Mahkamah Agung menganulir 14 pasal dalam Permenhub 26 tahun 2017 lantaran dianggap bertentangan dengan peraturan hukum yang lebih tinggi, yakni UU Nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Kecil Mikro dan Menengah, serta UU  22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Baca: Putusan MA tentang PM 26/2017 Bertentangan Dengan Undang- Undang UMKM

Keputusan tersebut sebelumnya dianggap membatalkan berlakunya Peraturan Menteri Perhubungan itu secara keseluruhan. Organisasi Angkutan Darat pun mengklaim bahwa putusan itu menimbulkan kegamangan atas status hukum terkait transportasi online.

Baca: Catat! MA Tidak Batalkan Permenhub Transportasi Online

Adapun 14 pasal yang dianulir oleh MA secara umum mengatur seputar pengaturan tarif, wilayah operasional, kuota kendaraan operasional, domisili tanda kendaraan bermotor, STNK yang berbadan hukum, dan pengujian Sertifikasi Registrasi Uji Tipe (SRUT).

(breakingnews/tow)