10 Ribu Wanita di Arab Saudi Bakal Jadi Sopir Taksi Online

63

Arab Saudi akan mengizinkan wanita mengemudi mobil pada Juni 2018. Tentu hal ini dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan taksi online yang berada di sekitar negara tersebut.

Salah satunya Careem, salah satu perusahaan transportasi online yang berbasis di Dubai, siap merekrut 10.000 “kapten wanita Saudi” untuk menjadi supir taksi online di perusahaan mereka.

“Kapten wanita akan membantu kami memberikan layanan yang lebih baik kepada banyak wanita yang ingin bepergian, yang menolak dilayani oleh pengemudi pria,” kata Abdullah Elyas, co-founder dan chief privacy officer Careem, dilansir dari laman CNN, Kamis (11/1).

Baca: Aniaya Driver Ojek Online, Satpam di Perumahan Cengkareng Jadi Tersangka

Menurutnya, banyak wanita dari latar belakang konservatif yang saat ini tidak menggunakan aplikasi daring. Alasannya, karena biasanya aplikasi ini digunakan oleh pria, dan mereka tidak biasa disupiri oleh orang asing, dan itu tidak bisa diterima dalam budaya mereka.

“Artinya, segmen baru di masyarakat Saudi yang tidak menggunakan layanan kami akan mulai (menggunakannya) bulan Juni mendatang.” kata Elyas.

Untuk melakukan perubahan ini, Careem dan Uber harus berhati-hati menangani budaya yang masih sensitif. Terutama yang berkaitan dengan pencampuran gender di masyarakat Saudi yang konservatif.

(merdeka.com/tow)